Jenis Hotel yang Bisa Check In Pagi di Jakarta 24 Jam

Diposting pada

Sering kali mendapatkan pertanyaan, adakah hotel yang bisa check in pagi di jakarta ? Sebelum menjawab secara lengkap. Kalian harus paham dulu mengenai aturan hotel di Indonesia atau minimal aturan aplikasi pesan hotel seperti traveloka, reddoorz, oyo jika kalian memesan menggunakan aplikasi tersebut. Hampir semua hotel menerapkan jadwal check in mulai jam 14.00 dan check out maksimal jam 12.00. Namun apakah tamu bisa check in lebih pagi? Misal check in jam 10, 9, bahkan jam 7 pagi?

Diluar peraturan umum atau aplikasi pemesanan, hotel memiliki aturan sendiri sendiri. Setiap hotel memiliki bentuk pelayanan sendiri terhadap tamu tamunya. Jika ada tamu meminta check in pagi, pihak hotel tetap melayaninya dalam bentuk yang berbeda. Pilihan pertama, pihak hotel memperbolehkannya dengan layanan early check in . Kedua, tidak mengizinkan, tetapi bisa menunggu di lobi atau menitipkan barang bawaan.

hotel yang bisa check in pagi di jakarta

Daftar Isi

Early Check In Dibawah Jam 12.00

Setelah tamu sudah check out, para house keeping hotel membutuhkan waktu untuk membersihkan dan merapikan kembali hotel agar tamu berikutnya lebih nyaman. Maka diperaturan hotel check in normal jam 14.00. Jeda waktu tersebut digunakan untuk membersihkan dan merapikan kamar hotel. Biasanya jika check in jam 12an, tamu disuruh menunggu dulu sampai house keeping selesai.

Bagi yang check in jam 9 atau jam 7 misalnya atau istilah lain early check in biasanya tetap diperbolehkan. Sebagian hotel memberikan early check in secara gratis jika masih ada kamar kosong. Kedua, memberikan early check in dengan biaya tambahan. Biaya tambahan tergantung masing masing hotel. Apesnya, jika kondisi hotel lagi ramai dan tidak ada kamar kosong. Pihak hotel hanya memberikan pilihan untuk menunggu di lobi atau menitipkan barang sebelum check in datang. Sementara tamu bisa jalan jalan dulu.

Tips Memilih Hotel yang bisa check in Pagi di Jakarta

Kejelasan ada tidaknya hotel yang bisa check in pagi di jakarta memang agak susah, apalagi sekarang sudah jamannya pesan lewat aplikasi yang mana mengikuti aturan dari aplikasi tersebut. Terlebih, kondisi hotel di jakarta yang selalu ramai membuat opsi early check in semakin sempit. Sementara estimasi perjalananan tiba di jakarta di pagi hari. Untuk itu perlu memilih jenis hotel yang kira kiranya bisa dar jauh jauh hari sehingga bisa booking di jadwal yang sesuai kita inginkan.

Memilih hotel transit

Hotel transit adalah tipe hotel yang menyediakan durasi sewa kamar dalam waktu singkat mulai dari 3, 4, 6, 8, 10, 12 dan 24 jam. Tamu bisa bebas memilih waktu durasi tanpa harus memesan 24 jam atau harian. Tamu juga cukup bayar sewa kamar sesuai waktu yang digunakan untuk menginap. Umumnya hotel hotel transit bisa check in 24 jam. Untuk keberadaan hotel transit, umumnya banyak ditemukan didekat bandara, stasiun dan terminal. Untuk dijakarta, kalian bisa baca : Rekomendasi hotel transit di jakarta

Pilih Hotel Kelas melati

Hotel melati adalah jenis hotel yang tidak memiliki bintang atau umum dikenal dengan hotel murah. Biasanya tamu bisa bebas check in 24 jam mau pagi, siang, sore malam. Walau tidak bisa bayar per jam, minimal tamu bisa check in pagi, untuk hari berikutnya bisa pindah ke hotel yang lebih bagus lagi. Tapi jangan menanyakan kualitas, karena kadang fasilitasnya kurang. Misal tidak ada AC, TV, atau wifi. Baca : Hotel melati jakarta

Kost harian/apartemen transit di jakarta

Jika tidak menemukan hotel yang bisa check in pagi di jakarta. Kalian bisa memilih alternatif lain seperti kost harian atau apartemen transit. Berdasarkan pengalaman pas ga bisa check in pagi karena kondisi hotel ramai, sementara mata mulai ngantuk. Penulis mencari kost harian dan dapat, cuma bayar 70 ribu buat pagi sampai sore. Kemudian malamnya ganti di hotel yang sudah dipesan sebelumnya. Selain kosan juga banyak yang menawarkan apartemen transit dengan durasi mulai 3 jam sampai harian.

Jadi adakah jenis hotel yang bisa check in pagi di jakarta?

Ada, pertama hotel yang sedia early check in (dengan catatan ada kamar kosong). Kedua hotel transit atau hotel yang menyediakan short time atau sewa per jam. Ketiga ada hotel kelas melati atau hotel hotel bebas dan murah yang banyak di jakarta. Terakhir ada kost harian atau apartemen transit yang bisa check in 24 jam dan check out kapan saja. Apakah sampai disini sudah paham? Jika sudha paham pesan jauh jauh hari agar bisa memastikan jadwal yang tepat dan sesuai. Sekian semoga bermanfaat.