Tabel Angsuran KUR BRI 2022 Mikro dan Kecil

Diposting pada

Mencari informasi syarat, ketentuan, brosur atau tabel angsuran KUR BRI terbaru adalah salah satu langkah awal yang memang harus calon nasabah lakukan. Bank BRI sebagai penyalur dana Kredit Usaha Rakyat, KUR selalu mengeluarkan brosur terbaru secara berkala sesuai jenis kredit, plafon dan sasaran konsumennya. Brosur tersebut memuat informasi yang berguna bagi calon nasabah seperti info syarat dokumen, tenor, cicilan, plafon dan no hp marketing kredit yang siap membantu dalam pengajuan kredit.

Setiap cabang BRI mengeluarkan brosur yang berbeda setiap edisinya. Setiap edisi biasanya angsuran dan palfonnya berbeda beda. Ada yang plafon 10 juta, 25 juta, 50 juta, 100 juta, 200 sampai 500 juta tergantung jenis KURnya. Calon nasabah bisa mendapatkan brosur tersebut di kantor cabang BRI, marketing kredit BRI, agen BRILink atau bisa juga melihat beberapa brosur terbaru yang kami sajikan dalam artikel ini.

Mengenal KUR

Kredit Usaha Rakyat, KUR adalah progam pembiayaan dari pemerintah untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta koperasi, UMKM-K di Indonesia. UMKM yang dimaksud adalah UMKM yang belum memiliki syarat administrasi bank atau belum bankable, tetapi memiliki potensi yang menjanjikan dan bisa dikembangkan. KUR memiliki bunga yang sangat ringan, hanya 6% tahun dan tidak memerlukan jaminan (Khusus Mikro) dan bebas biaya administrasi. Oleh karena itu, banyak UMKM yang mau mengajukan untuk menambah modal usaha untuk mengembangkan usahanya.

Pembiayaan KUR disalurkan oleh bank bank yang ada di Indonesia. Salah satunya bank pelat merah, Bank Rakyat Indonesia, BRI. Calon nasabah bisa mengajukan KUR BRI di BRI yang bisa ditemukan dengan mudah. Selain, di kantor, kalian juga bisa mengajukan pinjaman KUR BRI secara online melalui website resmi BRI ( https://kur.bri.co.id/ ). Alangkah baiknya sebelum mengajukan ketahui dulu jenis, syarat dan tabel angsuran KUR BRI terbaru berikut.

Jenis, syarat dan tabel angsuran KUR BRI

Ada beberapa jenis KUR BRI berdasarkan segmen pengguna. Setiap jenis KUR memiliki syarat, ketentuan, dan plafon yang berbeda. Namun untuk bunga KUR tetap sama 6%, karena ini progam pemerintah, jadi suku bunga KUR pemerintah yang menentukan. BRI hanya sebagai lembaga keuangan penyalur yang memverifikasi calon KUR yang pantas mendapatkannya sesuai ketentuan yang ditetapkan. Info lebih lanjut mengenai jenis, syarat dan tabel angsuran KUR BRI bisa baca sampai selesai dibawah ini.

Tabel Angsuran KUR Super Mikro BRI

tabel angsuran kur super mikro
tabel angsuran kur super mikro

KUR super mikro adalah produk terbaru dari KUR yang diluncurkan pemerintah pada masa pandemi covid 19. Diluncurkannya produk kredit ini, diharapkan bisa membantu para UMKM yang susah berkembang, mandeg dan para karyawan yang kena PHK. Jumlah plafon maksimal sebesar 10 juta dengan jangka waktu 3 tahun untuk modal kerja, atau investasi 5 tahun. Adapun syarat dan ketentuan sebagai berikut:

  • Memiliki Usaha Produktif yang berjalan minimal 6 bulan
  • Dokumen persyaratan Fotocopy Kartu Keluarga dan KTP dan Surat Keterangan Usaha yang dikeluarkan minimal setingkat kelurahan
  • Belum pernah mendapatkan KUR lain dan tidak sedang dalam menerima pinjaman lain sejenis
  • Tidak ada jaminan

Tabel Angsuran KUR BRI Mikro

tabel angsuran kur mikro 2022

KUR Mikro adalah tingkatan KUR BRI tanpa jaminan (tergantung objek usaha) dengan maksimal plafon 50 juta. Apabila dalam verifikasi bank dinyatakan mampu mengembalikan pembiayaan, maka tidak perlu jaminan. Jaminan berupa objek usaha yang dibiayainya. Namun jika dinyatakan kurang menyakinkan, maka perlu tambahan jaminan sesuai ketetentuan bank. Misal Jaminan BPKB. Tenor maksimal 3 tahun untuk modal kerja, dan investasi maksimal 5 tahun. Syarat dan ketentuan :

  • Perorangan yang memiliki usaha produktif dan layak
  • usaha secara aktif dan berjalan minimal 6 bulan
  • Tidak sedang menerima kredit modal usaha dari perbankan yang sejenis, namun diperbolehkan kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  • Dokumen administrasi :KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha
  • Agunan : Tidak wajib

Tabel Angsuran KUR kecil atau ritel BRI

tabel angsuran kur kecil 500 juta
tabel angsuran kur kecil 500 juta

Jika ingin plafon lebih besar yang nilainya lebih dari 50 juta, maka wajib memilihi KUR Kecil atau ritel. Hanya saja, untuk mengajukan jenis KUR ini calon nasabah memerlukan agunan tambahan. Agunan tambahan bisa berupa BPKB mobil, sertifikat rumah, tanah atau ruko. Calon nasabah bisa mengajukan nilai plafon mulai dari 50 juta dan maksimal 500 juta dengan tenor maksimal 4 tahun modal kerja, dan investasi 5 tahun. Adapun syarat dan ketentuan sebagai berikut.

  1. Individu atau kelompok yang memiliki produktif dengan minimal aktif 6 bulan.
  2. Tidak sedang menerima kredit modal usaha dari perbankan (kecuali Kartu kredit, kredit barang, KKB, KPR)
  3. Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) yang masih berlaku
  4. Dokumen : KTP, KK, NPWP

Tabel Angsuran KUR BRI TKI

Bukan hanya yang bekerja atau punya usaha di dalam negeri, jika kalian berada di luar negeri baik bekerja maupun usaha bisa mendapatkan pinjaman KUR BRI. Ada pinjaman KUR TKI khusus bagi calon atau sudah TKI di luar negeri. Pinjaman ini sangat cocok bagi kalian yang ingin bekerja keluar negeri namun tidak ada dana untuk mendaftar ke LPK atau agen. Kalian bisa menggunakan dana tersebut, sementara angsuran bisa dicicil dari hasil bekerja nanti. Ketentuan:

  • Dokumen pribadi : Identitas berupa KTP, Kartu Keluarga, Passpor, Visa
  • Dokumen pendukung : Perjanjian kerja dengan pengguna jasa dan Perjanjian penempatan
  • Jumlah plafon maksimal 25 juta dan tenor 3 tahun

Informasi mengenai jenis, syarat dan tabel angsuran KUR BRI, super mikro, mikro, kecil dan TIK diatas bisa menjadi referensi sebelum mengambil keputusan untuk mengajukan KUR. Setidaknya menjadi pengetahuan bahwa kalau ada pinjaman modal usaha dengan bungan ringan 6% dan bebas administrasi serta provisi. Kalau ada kerabat yang membutuhkan, kalian bisa merekomendasikan KUR untuk modal usaha. Sekian semoga bermanfaat.